Minggu, 13 Oktober 2024

Anak anak paud di kecamatan Cibadak dan kecamatan Nagrak mengikuti peragaan manasik haji di lapang gumbira.

Anak anak paud di kecamatan Cibadak dan kecamatan Nagrak mengikuti peragaan manasik haji di lapang gumbira.



Sukabumi : infonews.web.id Peragaan Manasik Haji Himpaudi Kabupaten Sukabumi " Manasik Haji Menumbuhkan Semangat Berhaji sejak Usia Dini "Kegiatanku Ibadahku" Naik Haji Cita-Citaku ". yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Gembira Desa Nagrak Selatan Kecamatan Nagrak Kabupaten  Sukabumi.Minggu ( 13/09/2024 ).

Dalam kegiatan Manasik haji ini Himpaudi diikuti dari dua kecamatan, kecamatan Nagrak dan kecamatan Cibadak Dari Kecamatan Cibadak 5 Desa dan dari Kecamatan Nagrak 10 Desa Girijaya dan turut hadir "Yayah Rokayah S.Pd .,M.Si "  kasi paud disdik yang mebuka kegiatan acara tersebut,

Menurut  Yayah Rokayah S.Pd .,M.Si kasi paud disdik mengatakan dalam sambutannya, mengungkapkan harapannya agar melalui kegiatan ini peserta dapat diperkenalkan rukun Islam yang ke 5 melalui praktik rukun haji dan .Acara ini sangat bagus, dan alhamdulilah anntusiasme orang tua murid sangat mendukung.Semoga tercapai tujuannya  yaitu membentuk generasi cinta Alloh dan rosulnya.



"Kegiatan ini tentunya menarik dan sangat menyenangkan dalam rangka menanamkan nilai-nilai agama sejak dini serta pembentukan karakter yang baik bagi peserta didik, begitu pula  diharapkan melalui kegiatan ini pentingnya ditanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini", ucap "Yayah Rokayah

Pemilik Paud Kecamatan Nagrak H. Miharja, S. Pd, MM. Menerangkan kepada awak media Dalam kegiatan manasik haji ini untuk anak-anak adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan tata cara ibadah haji kepada anak-anak. Kegiatan ini dapat membantu anak-anak memahami rukun, adab, dan tata cara pelaksanaan ibadah haji. 

Kegiatan hari ini adalah beberapa tahapan manasik haji yang dapat dilakukan untuk anak TK, Anak-anak disarankan untuk mengenakan pakaian ihram dari rumah masing-masing. Pakaian ihram untuk laki-laki adalah dua helai kain putih yang dililitkan ke pinggang hingga bawah lutut dan disampirkan ke bahu kiri. Untuk perempuan, pakaiannya harus menutup aurat, namun bagian wajah dan tangan tidak boleh tertutup. 


 
Dan untuk Tawaf Anak-anak mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali sambil membaca doa keselamatan dunia dan akhirat. Sa'i: Anak-anak berlari kecil dari Shafa dan Marwah. 
 
Dalam giat Tahalul Anak-anak memotong rambut sekurang-kurangnya 3 helai. Selain itu, anak-anak juga dapat melakukan kegiatan lain seperti: Melempar jumrah, Sholat di Maqam Ibrahim, Minum air zam-zam. 
 
Dan untuk Manasik haji dapat membantu anak-anak untuk Menanamkan nilai-nilai keagamaan 
Meningkatkan kecintaan dan kesadaran terhadap ibadah haji dan 
Melatih kesabaran, disiplin, bertanggung jawab, dan kemandirian.pungkasnya.


By : Madun

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved