Kamis, 19 September 2024

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Plt Camat Parakansalak: Peran Serta Masyarakat Sangat Penting

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Plt Camat Parakansalak: Peran Serta Masyarakat Sangat Penting




SUKABUMI - Peran serta Masyarakat dalam pengawasan pemilihan 2024, merupakan salah satu faktor pelaksanaan pemilukada 2024 di Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi berjalan sukses tanpa ekses. Hal tersebut disampaikan Plt Camat Parakansalak Iyus Mulyana, saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang diselenggarakan oleh Panwascam Parakansalak di Sekretariat Panwaslucam Parakansalak, Kamis (19/9/2024).

Iyus menerangkan bahwa partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan pemilihan 2024 sangat penting. Selain sebagai kontrol langsung, juga bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran baik oleh peserta pemilihan maupun penyelenggara.

“Oleh karena itu sosialisasi pengawas partisipatif kepada masyarakat ini sangat baik untuk senantiasa dilaksanakan, khususnya untuk para pemilih pemula,” jelasnya.




Disisi lain dengan banyaknya pengawas partisipatif, masyarakat akan semakin paham tentang politik. Dengan demikian tingkat partisipatif Masyarakat akan meningkat dan Pemilukada 2024 khususnya di wilayah Kecamatan Parakansalak bisa berjalan lancar dan aman.

“Sukses tanpa ekses, pada setiap tahapan itu yang selalu kami harapkan hingga terciptanya Pemilukada tanpa kecurangan,” kata Iyus.

Sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Parakansalak, Kepala Sekretariat Panwaslucam Parakansalak berserta jajaran dan melibatkan dari berbagai unsur dan elemen Masyarakat seperti utusan Kader, kaum milenial, dan unsur pendidik di wilayah Kecamatan Parakansalak.



Menurut Kepala Sekretariat Panwaslucam Parakansalak Engkus Kusnadi mengatakan maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi pengawas partisipatif, selain untuk ikut mengawasi tahapan pemilihan juga sebagai upaya peningkatan pencegahan pelanggaran pada pelaksanaan pemilukada yang akan datang.

“Mereka kita ajak ikut mengawasi seluruh tahapan pemilukada 2024, dengan harapan bisa menginformasikan secara langsung kepada pengawas jika menemukan terjadinya dugaan pelanggaran.

Ditempat yang sama ketua Panwaslucam Parakansalak Timbul Nugraha dalam materinya menyampaikan secara jelas kepada peserta tentang jenis dan bentuk pelanggaran apa saja yang dapat diinformasikan dilaporkan kepada pengawas.

"Diantaranya Politik uang, netralitas ASN dan perangkat desa, serta pelanggaran-pelanggaran lainya termasuk pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilukada agar dapat dilaporkan ke Panwaslucam Parakansalak," pungkasnya.

Reporter: Jack

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved